Pengalaman Gak Enak di Bobol ART Sendiri



Sebenarnya peristiwa ini bukan menimpa saya, kebetulan pengalaman yang gak enak itu menimpa kakak perempuan saya, tapi rasanya cukup layak saya tulis sebagai sikap berhati-hati bagi temen-temen yang punya art dan di tinggal bekerja oleh majikan. 


Tepatnya bulan November tahun 2022 yang lalu saat itu sehabis balik dari jalan -jalan ke Cirebon, di dalam mobil yang membawa kami pulang ke rumah kakak perempuan saya, dia cerita bahwa selama ini dia menyimpan cerita ga enak tentang keberadaan oknum art di rumahnya.


Emmm...selama ini si kakak cewek ga pernah cerita apapun pada kami adik"nya dan kakak tertua saya, padahal adik saya yang tinggal di Jakarta pun pernah cerita tentang oknum art di rumah kakak yang agak nyebelin kelakuannya.


Awalnya art itu ikut kakak saya di Jakarta atas dasar rasa belas kasihan dan permintaan almarhum ibu saya, karena kebetulan di Jakarta kakak cewek saya menempati rumah besar sendiri dan kosong kalau dia pergi kerja.


Nah almarhumah ibu meminta supaya kakak menerima art paket lengkap karena ada suami istri dan kedua anaknya yang berumur lima dan empat belas tahun. Awalnya kakak saya kepingin dua orang saja suami istri tanpa anak, tapi si calon art kepingin sepaket ikutan dengan alasan ga mau berpisah, akhirnya dengan bujukan almarhumah ibu, kakak sayapun menerima dan berangkatlah mereka di antar ibu saya ke Jakarta. Saya juga gak tau almarhumah ibu kenal dia dari mana dan saya belum sempat bertanya pada ibu saya.


Saya awalnya ga kenal apalagi melihat orangnya kayak mana, sifat dan wajahnya pun saya belum tau, kebetulan si art itu sempat tinggal beberapa hari di kediaman almarhumah ibu saya di Lampung sebelum ke Jakarta, ibu saya cerita kalau art ini sebut saja Sri..orangnya sangat sopan dan lemah lembut tutur katanya, anak perempuannya yang berusia lima tahun itupun anteng ga banyak tingkah, itu kata ibu saya...Salahnya saya juga ga sempet bertemu si art sebelum di bawa ke Jakarta.


Singkat cerita, tugas art laki bini itu mengurus urusan rumah tangga, si istri atau Sri memasak dan mencuci ,pokoknya urusan rumah dan si suami mengurus halaman rumah . Kebetulan anak pertama cowok dan bersekolah di SD kelas enam, dan yang cewek berusia lima tahun dan mau masuk TK. 


Berhubung awalnya mereka berdua bersikap baik, maka kakak cewek saya pun membiayai sekolah kedua anaknya, bisa di bayangin kan berapa biaya sekolah di Jakarta walaupun bukan sekolah favorit dan mencukupi segala kebutuhan mereka, ibaratnya gaji art itu ga kelong sedikitpun karena semuanya di tanggung kakak ...yang penting rumah dia ada yang urus dan jaga.


Nah kakak saya itu membiayai segala keperluan rumah mulai dari segala macem, dari kebutuhan dapur hingga makanan, begitu juga perintilan lainnya seperti membayar uang satpam dan petugas sampah, kebetulan kakak saya tinggal di komplek perumahan cluster gitu..hanya ada beberapa rumah.


Bulan dan tahun berlalu, kehidupan berjalan seperti biasa seolah ga ada apa-apa,tapi adik bungsu saya yang cewek yang juga tinggal di Jakarta, biasanya dua minggu sekali main dan nginep di rumah kakak,nah di situ adik saya melihat ada yang mencurigakan,tapi berhubung belum pas momennya makanya adik saya diam saja.


Waktu terus berjalan,..kebetulan kakak cewek saya itu berangkat kerja jam 7 wib dan pulang sampai rumah itu sekita jam 22 wib alias jam 10 malam, bahkan bisa lebih kalau ada meeting dan rapat mendadak.


Nah adik saya yang bungsu itu di minta oleh kakak saya untuk mengawasi art di rumahnya, tapi bukan berarti mengawasi setiap gerak gerik art kakak saya ya..hanya sekedar memantau dan memberi masukan saja. 


Adik saya bilang memang tutur kata art saya yang bernama Sri itu lemah lembut, tapi suka ngeyel alias menjawab apa yang adik saya ucapkan...suka berani meminta ini itu pada adik saya, mungkin karena adik sering kasih ini itu lama-lama si art jadi berani. Yah selama dia bekerja baik, apa salahnya sekali-sekali menyenangkan mereka...begitu pikir adik saya.


Sampai akhirnya, mungkin karena komunikasi yang ga baik atau si art merasa koq si adek ini yang malahan mengatur dia atau merasa koq saya selalu di pantau, si art memblokir nomor wa adik saya, dan adik sayapun cerita , koq aneh yaa..ada art yang berani blokir dia...adik saya pun cerita kepada kakak dan juga saya...maklumi ajalah mungkin dia lelah 😁 kata saya bercanda...emmm okelah. Semenjak saat itu adik saya ogah main dan menginap di rumah kakak, males ketemu si Sri ujar adek saya. Makin bebaslah si oknum art kakak.


Dan akhirnya memang serapat apapun rahasia itu di pendam, akhirnya ketauan juga...memang sih adik saya berkali-kali cerita pada saya koq si Sri begini yaa..begitu yaa...kakak cewek saya kadang memang males nanggepin karena udah keburu capek di tambah laporan adik saya, jadi dia ga gubris.


Gak hanya sekali dua kali looh...sudah sering adik cerita pada saya, tapi saya ga bisa ambil sikap karena saya ga tinggal di sana..lagian saya ga mau ikut campur terlalu jauh...tapi dia kakak saya...mosok saya diem aja ada orang yang jahatin kakak saya.


Bapak ketua komplek melapor kepada kakak saya...maaf buu...apakah ibu mengijinkan keramaian pada siang hari di rumah ibu ?..


Kakak saya menjawab dengan rasa heran....enggak pernah koq pak...saya gak pernah mengadakan atau memberi ijin apapun di rumah saya...begitu kata kakak saya heran bin bingung🙄...ya dia merasa selama ini rumah dia baik' aja gak ada yang aneh-aneh..wong dia kerja berangkat pagi sampe rumah malam langsung istirahat tidur gitulah pokoknya, jadi ga pernah tau ada kejadian apa di rumah nya.


Iya buu...di rumah ibu kalau siang hari sering ada keramaian ujar pak ketua komplek rumah...pantesan saja sopir kakak saya pernah cerita saat dia balik ke rumah kakak karena ada yang tertinggal, koq dia heran karena di rumah kakak saya ada acara atau keramaian gitu deh...sopir kakak pun sempat cerita.


Terus ada juga laporan dari pak satpam komplek kalau beberapa bulan belakangan kakak saya ga pernah bayar iuran gaji satpam...begitu juga dengan pak petugas kebersihan lingkungan, setiap menagih uang bayaran sampah....selalu ga full bayarannya kadang bayar kadang enggak....


Sampai akhirnya cerita ga enak itu terdengar di telinga kakak saya, dan ternyata yaah si oknum art ini laki bini sering mengadakan keramaian di kediaman kakak saya tanpa sepengetahuan kakak ...pantesan si sopir cerita...iya si mbak Sri itu pernah tanya saya...ibu itu kalau pulang kerja jam berapa ?..sopir kakak ya jawab yang sebenarnya...selalu pulang malam ujarnya..


Emmm....pantesan aja mereka si oknum art kakak saya bisa bebas seenaknya, kebetulan di rumah kakak memang belum ada cctv..susah jadinya.


Banyak laporan dari petugas satpam dan petugas sampah kalau ibu alias kakak saya belum bayar iuran katanya...padahal kakak saya orang yang disiplin dan selalu tepat waktu untuk membayar iuran  kompleks...tau gak sodara-sodara..ternyata selama ini duit untuk petugas ga pernah nyampe...alias ke buru di tilep oleh kedua oknum art kakak😤...ih saya yang denger ceritanya aja jadi ikutan gereeeem!!!


Mereka sering mengadakan keramaian di rumah kakak tanpa permisi pada kakak dan ketua komplek...oknum art dengan mulut manisnya dan tutur katanya yang lemah lembut sering janji ini itu pada petugas sampah dan satpam...nanti aku beliin hp baru ...gitu cerita pak petugas sampah komplek..karena menagih hp barunya yang di janjikan oleh art kakak saya🤦.Si art juga rupanya ikutan arisan antar sesama art di komplek perumahan kakak dengan jumlah bulanan lumayan gede...ujar art tetangga memberitahu kami.


Pantesan saja sampah berhari-hari menumpuk gak di angkut...wong bayarannya aja sering di tilep🙄..dasar mulut embeeer......kebetulan saat itu saya sedang ada di sana...( Saat itu art udah di pecat kakak ).


Kakak emang pernah mengeluh pada saya..koq si Sri ama lakiknya boros amat ya Ni...mosok tiap bulan aku kudu keluar duit tiga juta sekedar buat beli obat racun tikus..karena rupanya si art suka bilang harus beli ini itu...sampai kakak akhirnya curiga...mosok sih segitunya pikir dia...


Dan benar aja...lama" ketauan bobrok dan belangnya....kebetulan kalau saya lagi kesana saya liat koq halaman rumah kakak gersang amat yak...kayak ga ke urus...daun-daun pada kuning dan rumput udah tinggi ga keruan....ruang tamu juga kayak berdebu meja nya dan lantainya kayak jarang di sapu dan pel...begitu pikir saya...ternyata emang selama ini mereka jarang bersih-bersih rumah kakak....jadi selama ini mereka ngapain aja ?...emm sibuk nyusun rencana ternyata🤔.


Sampai akhirnya kakak cerita di perjalanan saat kami pulang dari Cirebon di dalam mobil..


Iih...aku koq jadi ngerasa ga tenang ya tinggal di rumah aku sendiri...gitu ujar kakak...aku mau cerita....kalo aku sering kehilangan duit sehabis ambil dari ATM ujar kakak...sering banget...tapi aku ga bisa nuduh...soalnya ga ada bukti ujar kakak...tau gak ...jendela kamar aku itu koq ga terkunci...hanya ketutup hordeng....aku memang taruh duit yang baru aku ambil di dalam tas dekat jendela posisinya..di atas meja rias ujar kakak...koq selalu berkurang yaa...ujar kakak heran...udah sering loh...ga sekali dua kali ...


Sampai segitunya si kedua oknum art membuat skenario seolah-olah di rumah kakak saya memang ada pencuri. Dan akhirnya kakak saya pindah tidur di kamar atas...sebelumnya dia tidur di kamar bawah..


Sri.....laptop kerja aku kemana ya ujar kakak..karena udah panik..koq ga ada....si art menjawab mungkin di curi Bu...tempat ibu udah ga aman gitu kata si art ..saya sempet liat ada pencuri yang masuk ujar si art...semprullll.


Karena kadung takut kakak saya nanya..suami kamu ke mana..koq ga keliatan..bukannya ngebantuin...ujar kakak..herannya kakak saya juga ga teriak atau gimana..suami saya di dalam kamar buu ujar si Sri.


Kakak saya turun ke lantai bawah dan curiga karena pintu ruang depan terlihat agak sedikit terbuka ga rapat....terus kakak masuk kekamarnya di lantai dasar dan melihat kalau jendela kamarnya hordengnya melayang tertiup angin...berarti ga kekunci kan...pikir kakak saya...dia liat uangnya koq balik lagi....heran dia...tadi hilang koq tau-tau uangnya balik lagi...dan si kakak sempat melihat si art suami ada berdiri dekat jendela kakak... bersembunyi.


Lantas kakak tegur dia..ngapain kamu malam' di luar...si art suami menjawab kalau dia habis beli tolak angin di warung ujarnya ...


Di situ kakak udah mulai curiga...tapi dia ga berani karena belum ada bukti...sampai keesokan harinya kakak buat laporan ke ketua komplek perumahan kalau laptop dan uang dia ada beberapa kali hilang.


Tau gak sih sodara-sodara ku...ternyata barang emas kakak seperti cincin, gelang dan kalungnya hilang ga bersisa...selama ini si kakak ga pernah cerita kalau barang emasnya hilang ga bersisa 🙄🤦..


Pada akhirnya pak ketua komplek perumahan bilang...ibu curiga ga sih bu dengan kedua art ibu ini ?...dia bilang kalau telah mengecek rumah kakak dan melihat pintu rumah kakak ga ada yang rusak seperti habis di dongkel obeng...masih mulus dan ga ada apa-apa....tembok rumah ibu juga ga ada bekas cap kaki atau sepatu atau sendal ujar si bapak komplek perumahan...


Iya sih pak..saya juga udah curiga dan ngerasa ga nyaman tinggal di rumah saya sendiri ujar kakak, tapi saya ga ada bukti ujar kakak bingung...mau laporan ke polisi juga koq gimana gitu.


Sampai akhirnya koq ga puguh" si art suami bilang kalau laptop ibu udah ketemu ujarnya ada di pos satpam...aneh pan ???


Padahal setelah di cek di cctv pos satpam..ga ada tuh laptop atau hal"mencurigakan di luar lingkungan perumahan cluster kakak...ga ada dia bawa laptop..ga ada dia yang ngakunya ke warung beli tolak angin pada malam kejadian.


Ternyata semua kejadiannya emang murni terjadi di dalam rumah kakak saya..pantesan di cctv komplek ga ada yang aneh-aneh.


Nah hari Minggu sorenya sehabis kami balik dari Cirebon, kakak meminta supaya kami kakak beradik dan kedua keponakan serta pak sopir untuk kumpul di dalam rumah kakak, rembukan buat menyuruh oknum art segera angkat kaki dari rumah kakak sore hari ini juga...si art tetep ngeyel dan bilang ga ada duit buat ongkos...🙄


Looh...duit  dan barang emas aku yang hilang selama ini kalian kemanain ujar kakak kesal..masih baikloh saya ga melaporkan kalian ke polisi ujar kakak.


Akhirnya ada sekitar satu jam mereka bebenah dan pamit pergi...hiliiih...kesel banget liat kelakuannya..sok iyee👎👎...mulut bicara lemah lembut tapi otak mafia!!!..dan pergilah mereka...aman deh pikir saya dan adek


Tau ga sih ternyata setelah kakak saya berangkat kerja keesokan paginya..si oknum art yang bernama Sri ini balik lagi ke rumah kakak dan menyamar pake baju muslimah lengkap dan pake masker pake hijab panjang.(aslinya ga berhijab).jadi ga kenal kalau sepintas aja..mungkin dia mengecoh cctv komplek supaya ga ketauan..pinter ternyata otaknya.


Saya dan adik ga bukain pintu pager donk..kebetulan pagar sudah saya gembok pas kakak berangkat kerja, jadi hanya saya berdua adek aja..dia ketuk"pintu pagar ...kebetulan pak satpamnya kompleknya lagi ga ada..jadi dia seenaknya keluar masuk kompleks..ternyata pamitnya dia enggak jauh, masih di seputaran belakang perumahan kakak...tapi saya udah wanti-wanti dan meminta supaya satpam komplek ga mengijinkan dia bebas masuk lagi.


Alhamdullilah...sekarang kediaman kakak udah aman dan tenang dan sudah ada anggota baru yang memang bener-bener baik..dan sudah pasang cctv di dalam rumah kakak.. insyaallah amanah...amiiin 🤲


Cerita ini semoga menjadi pelajaran buat saya dan juga temen-temen yang punya art supaya lebih berhati-hati aja, jangan terkecoh wajah lugu..gak selamanya mulut manis dan lemah lembut tutur kata pastilah orang baik..ga selalu begitu kenyataannya.




Salam🙏







Posting Komentar

30 Komentar

  1. aku bacanya gregeten, asliii
    yampunn bisa dibilang "licik" juga ya pasangan ART ini
    manipulasinya puinter pol
    langkah terakhir kudu diberhentiin emang bener dan jawaban kakanya mba heny bener juga, ART bilang ga da duit, tapi hasil dari nyuri kalaupun dijual pastinya jadi duit

    kalau kita udah percaya sama orang, kadang orang itu suka semena-mena juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeet mbk ..akupun gerem liatnya..soalnya aku pas lagi di sana saat mereka di minta pergi..liat wajahnya aja kayak ga ngerasa bersalah...iih amit"ketemu orang kayak gitu..memang ya kalau kita baik kadang suka seenaknya..ngelunjak gitu

      Hapus
  2. berasa lagi baca cerpen asli, ceritanya sangat klimaks. emg pas art nya balik lagi, itu ngapain bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya mau minta duit gaji mas...lah segala perhiasan dan uang udh di ambil masih berani dateng..udh ga punya malu kayaknya

      Hapus
  3. Wah pengalaman yang sangat berharga
    sudah lama tapi baru ketahuan
    lebih aman, semua hal enaknya dikerjakan sendiran
    lelah seh, tapi ya itu, demi kenyamanan dan keamanan
    bukan berarti tak percaya dengan orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas..jadi pelajaran kedepannya supaya lebih hati-hati..dalam mencari art ataupun ketemu orang"baru

      Hapus
  4. Ini minta datang sepaket sebenarnya sudah sangat berat, kebayang kakak nya mbak harus biayain empat orang tambahan. Mereka memanfaatkan keluarga yang terlalu baik dan dimanjakan dengan segala fasilitas yang diberikan. Semoga dapat ganti yang lebih baik, Aaamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin mas...Iyah mas memang agak" sepertinya otak mereka udah somplak...ga ngerti udah di tolong malahan ngelunjak...ga selamanya wajah lugu dan lemah lembut itu baik...agar kita mawas diri aja

      Hapus
  5. bak kata pepatah, beri susu dibalas tuba.

    kenapalah ada manusia sebegini. mengambil kesempatan atas kebaikan orang lain. dia seharusnya malu sebab ada orang sudi bantu dia. tapi lihatlah! apa balasannya terhadap orang yang buat baik kepadanya?

    saya hrap dia sempat minta maaf kepada orang yang dia aniaya sebelum nyawanya tiba di kerongkong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Anies memang masih ada orang "jahat di sekitar kita.. kita yang harus waspada ...memamg mereka khilaf dan tak pandai bersyukur atas kemudahan yg di dapat malahan memanfaatkan kebaikan yg di berikan dengan kejahatan.

      Hapus
    2. mereka tahu perlakuan itu jahat tapi mereka tutup mata dan teruskan juga. tiada rasa bersalah atau malu dengan perlakuan tersebut.

      semoga kita semua terhindar daripada perbuatan ini. aminnn

      Hapus
  6. Ya Allah saya ikutan emosi mbk Heny, padahal anaknya sekolah udah dibayarin, gaji full tapi kok kelakuannya kayak setan. Alhamdulillah sekarang udah dipecat ya. Eh malah saya yang nggak puas karena mereka udah mencuri juga dan berbuat seenaknya dirumah kakaknya mbk Heny, kayaknya pengen saya pukulin mbk.
    Cari art emang kudu hati-hati ya. Soalnya mereka bakal tahu seluk beluk rumah kita, jadi kalau nggak jujur, bisa jadi bakal kejadian kayak gitu.
    Tapi kakaknya mbk Heny sabar banget loh, semoga artnya yang sekarang bener-bener baik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga iya mbak..gereem banget dengernya...ga bersyukur sama apa yg udah ada..kemaruk jadinya mau lebih ...apalgi kalo Liat wajahnya yg bener"lugu dan aluuus banget ngomongnya..kayak ga percaya..tapi hebat banget aktingnya...selama beberapa tahun di rumah kakak saya pinter banget nutupin kelakuan buruknya🤦...Iyah mbk..amiin semoga yang ini amanah

      Hapus
  7. duh gemes, pengen jadiin art geprek gak sih. Kalo dulu di rumah almarhumah mama juga pernah kejadian barang2 hilang, tapi memang bukan perhiasan dll. Kayak termos, sprei batik (mama dulu jualan sprei batik danar hadi) sampe foto2 kami juga hilang. Aneh bgt. Ketauannya setelah dia pamit pulang kampung, ada temannya yang gantiin dan bilang 'ibu, saya mau dong dikasih macem2 kayak temen saya yang kemaren kerja di sini. Spreinya bagus2 bu, saya mau dong satu' haduuuh rupanya hampir tiap hari dia angkut printilan di rumah untuk dititip ke rumah temannya dan ngakunya dikasih sama mamaku. Gila bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa ya ada art yg kelakuannya kayak gitu..di kasih hati minta rempelo..ngelunjak jadinya...udah di baikin malahan nusuk dari belakang...emang harus kitanya yg hati" mbak kalo ga mau ketipu lagi

      Hapus
  8. Membaca ini, memang sulit juga mendapatkan ART yang baik dan jujur. Katanya sih harus lebih hati-hati bila mendapat ART dari penyalur. Konon, lebih baik mempekerjakan keluarga sendiri yang sangat membutuhkan untuk dijadikan ART. Tapi ini gak bisa juga jadi patokan.

    Salam persahabatan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak...agak sulit dapet art yg bisa kita percaya...kebetulan ini atas usulan ibu saya dulu semasa hidup karena kasihan dan kebetulan keluguan mereka bikin ibu saya iba...eeh ga taunya ternyata ga selugu wajahnya kelakuannya

      Hapus
  9. Wah kalau saya sudah sy panjang wajah pelaku nya, susah kalau suami istri sudah begini, mentalnya bisa ngerusak anak² nya. Jengkel saya baca kelakuan ART gak tahu diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas..saya juga gedek kalo inget wajahnya..makanya ga di pajang bis udah sebeeeel ama kelakuannya ...wajahnya juga bikin gedek si kalo di inget😠

      Hapus
  10. Issssh bacanya gemeeees mba. Aku mah yg begini ga kasih ampun sih, aku bawa polisi sekalian. Tapi Alhamdulillah belum pernah dpt yg tukang nyuri sih. Palingan kalo drama, ttg cowo nya aja. Suka bucin beberapa asistenku. Untung yg skr ini udh nikah, jadi ga ada cerita begitu. Walopun dia ga bisa nginep di rumahku. Rumahnya Deket, jadi kerjanya pulang pergi. GPP lah.

    Semua asisten udh aku wanti2 di awal, aku ga minta kerja mereka sempurna, tapi aku mentingin kejujuran. Beberapa kali di tes, mreka semua Alhamdulillah jujur. Uang banyak brgelatak di rumah, ga disentuh. Aku KSH uang belanja dapur , catatannya selalu rapi, dan balance. Buatku itu cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg baca aja gemess apalgi yg ngerasain langsung yaa..udah di ubun" keselnya😆..ya awalnya karena almarhumah ibu kasihan gitu mbk...tutur kata halus...wajah lugu..di kira cupu ga taunya suhu😁..memang sih kalo mau cari art itu harus bener" di seleksi..ga sekedar karena kenal dan kasihan...padahal di minta kerja yg berat" atau harus sempurna ga juga..emang dasar hatinya sudah tertutup mbk...

      Hapus
  11. panjang juga coretan ini walaupun saya ngak bisa faham penuh..apa-apapun biarlah jadi pengajaran yang berguna buat kita semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. .curhatan saya jadi panjang yaa😀..memang pengalaman bisa jadi pelajaran yang berguna

      Hapus
  12. Ih serem.

    Sekarang memang musti waspada ya mbak, soalnya kalo terlalu percaya nanti malah art menyalahgunakan kepercayaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas...jangan terkecoh sama penampilan sederhana dan tutur kata yg manis...tapi ga semua gitu sih .ini sih oknum aja

      Hapus
  13. Pergh!! Jahat gila.. Orang da buat baik, dia balas dengan kejahatan pula.. Inilah manusia.. tak tahu nak bersyukur.. Memang kena pasang cctv.. Sekurang-kurangnya demi keselamatan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak.. alhamdullilah sudah pergi orangnya...memang seharusnya pasang cctv...sekarang sudah pasang..ya walaupun terlambat .tak apalah buat jaga-jaga kedepannya.

      Hapus